5 Tips Meningkatkan Kualitas Udara dalam Ruang Rumah

image credit google search
Kualitas udara dalam ruang sama pentingnya dengan kualitas air minum dan makanan sehari-hari. Namun, kualitas udara dalam ruang sering terabaikan karena udara tidak terlihat. Kita selalu berusaha menjaga dan mengatur benda padat (makanan) dan cairan (minuman) yang masuk ke dalam tubuh kita. Sekarang saatnya untuk memperhatikan gas (udara) yang kita hirup juga.


1. Jangan merokok di dalam rumah. Asap rokok dapat berpengaruh buruk terhadap kesehatan anak anda dan partikel debu dari rokok dapat menempel pada perabotan dan dinding rumah anda dalam jangka panjang walau bau asapnya sudah hilang. Debu-debu ini akan terikut dengan udara dalam ruang rumah anda dan terhirup kembali oleh anak-anak anda.
2. Gantilah filter pada AC anda setiap 3 bulan sekali. Gunakan filter setara MERV 12 untuk membersihkan udara dari partikel polutan. Penambahan ventilasi terbuka agar ada cukup sirkulasi udara segar keluar masuk ruang rumah anda untuk menghindari sick building syndrome juga sangat penting.
3. Jagalah kebersihan rumah anda. Dengan pembersihan menyeluruh secara teratur, udara dalam ruang ruamh anda dapat meningkat secara efektif.
4. Pemasangan ventilasi mekanis seperti ERV. ERV dapat membantu kerja AC sehingga hemat listrik dan meningkatkan sirkulasi udara segar keluar dan masuk rumah anda. ERV yang dilengkapi filter udara MERV12 dapat mengurangi bahkan menghilangkan alergen pemicu alergi dan asma pada keluarga anda. Untuk informasi lanjut tentang ERV, dapat mengunjungi ERV RecoupAerator website.
5. Kurangi pengunaan pengharum ruangan. Walaupun mereka dapat menutupi bau tidak sedap seperti di kamar mandi, dapur, tempat binatang peliharaan dan sebagainya, namun zat kimiawi yang di keluarkan dapat membahayakan keluarga anda. Zat kimiawi ini juga dapat menjadi pemicu alergi dan asma serta gangguan pernapasan lainnya.

Hubungi Cool & Clean sekarang untuk mengukur kualitas udara dalam ruang Anda dan pastikan rumah Anda bebas dari polusi pencemaran udara. Lindungi si kecil dari bahaya polusi udara dalam ruang. LIKE FB Page Cool & Clean untuk tips dan trick lainnya. Atau tinggalkan comment di bawah untuk diskusi dengan Cool & Clean.


4 Comments

  1. Nurul Aprilia-Reply
    September 7, 2012 at 9:10 am

    Thanks untuk tipsnya! Memang untuk mengganti udara dalam ruangan, yang paling mudah adalah dengan membuka jendela atau pintu, tetapi konsekuensinya adalah:

    • Boros AC (listrik).
    • Masalah kelembaban.
    • Selain itu, masih ada gangguan2 lain yg disebabkan oleh: nyamuk2, debu2, polusi , etc dari luar yang bisa masuk ke ruangan.

    Kalau sudah begitu, keluar mulut singa lalu masuk mulut buaya jadinya!

  2. September 10, 2012 at 6:56 am

    Hai Nurul, benar masukan anda. Membuka jendela atau pintu adalah yang paling mudah tapi juga membawa masalah lainnya ke dalam rumah kita.

    Menurut kami, untuk mencapai hasil yang kita inginkan, kita memerlukan ventilasi mekanika seperti Ventilasi Pemulihan Energi atau Energy Recovery Ventilation (ERV) dengan teknologi terbaru Rotary Heat Exchanger. Teknologi ini membantu menjaga kelembaban ruangan dan suhu ruangan sembari meningkatkan sirkulasi udara dalam ruang kita.

    Terima kasih dan selamat beraktifitas!

  3. Amel Sulistio-Reply
    September 10, 2012 at 8:16 am

    Apakah ERV akan membantu menjamin udara yang lebih bersih? Penggantian filter ERV sendiri apakah sulit?
    Terima Kasih

  4. September 11, 2012 at 9:43 am

    Hai Amel, ERV memang dirancang untuk membantu sirkulasi udara. Tetapi tidak semua ventilasi mekanika seperti ERV mempunyai teknologi yang dipatenkan dalam RecoupAerator. RecoupAerator ada ERV khusus yang mempunyai rotary heat exchanger yang memastikan sirkulasi udara keluar masuk tetap efisien energi dan kelembaban ideal terjaga.

    Anda dapat mengunjungi website http://www.ultimateair.com untuk lebih banyak mengenai ERV RecoupAerator ini atau mengirimkan email ke marketing@tawadascientific.com untuk informasi lebih detail.

    Terima kasih! 🙂

Leave A Comment