Alergi Anak: Lebih Baik Mencegah daripada Mengobati

 image credit makassargreen.blogspot.com

Seperti banyak dikatakan, lebih baik mencegah daripada mengobati. Hal ini berlaku juga untuk alergi anak. Menurut Kompas Health, anak-anak yang mengidap alergi lebih rentan terkena penyakit lainnya karena perubaha cuaca yang tidak menentu dan tingginya tingkat polusi di Indonesia. Jadi bagaimana sebagai orang tua, kita bisa membantu anak-anak yang alergi untuk hidup lebih sehat dan mencegah gangguan alergi datang? Pencegahan yang terbaik adalah dengan memastikan lingkungan sekitar anak tetap bersih dan mengurangi hal-hal yang bisa mencetuskan alergi seperti asap, bulu dan debu. Dan dengan ERV RecoupAerator di rumah, kita dapat menjamin kebersihan kualitas udara dalam ruang rumah yang dihirup anak kita selalu bersih dan tidak dipenuhi partikel pencetus alergi terutama bagi anak yang rentan.

dr. Herbowo Soetomenggolo, spesialis anak dari Rumah Sakit Ibu dan Anak Hermin menjelaskan, salah satu alasan kenapa anak dengan alergi lebih mudah terserang penyakit adalah produksi lendir yang lebih banyak. 

“Jadi, satu-satunya jalan adalah bagaimana caranya supaya lendir itu tidak banyak keluar,” katanya.


Herbowo mengatakan, penyakit yang paling umum diderita anak dengan alergi adalah flu, infeksi saluran atas, dan diare. Anak dengan alergi, akan lebih mudah terserang diare karena saluran pencernaan mereka tidak terlalu baik, sehingga mudah ditembus kuman-kuman. Inilah alasan kenapa pemberian ASI eksklusif selama enam bulan sangat diperlukan.

Herbowo menjelaskan, hal terpenting yang dibutuhkan untuk menangani anak dengan alergi adalah bukan dengan pemberian obat-obatan, melainkan lewat upaya pencegahan. Karena, hanya 10 persen anak alergi yang pada akhirnya membutuhkan obat-obatan. “90 persen anak alergi ternyata tidak membutuhkan obat. Mereka hanya butuh pencegahan,” katanya.

Pencegahan yang terbaik adalah dengan memastikan lingkungan sekitar anak tetap bersih dan mengurangi hal-hal yang bisa mencetuskan alergi seperti asap, bulu dan debu. Misalnya, memastikan tidak ada asap rokok dirumah dan tidak membawa binatang peliharaan ke dalam rumah. Dengan pemasangan ERV RecoupAerator di rumah, kita dapat memastikan kualitas udara dalam ruang rumah tetap bersih dan mencegah penumpukan polutan pencetus alergi di udara pada tingkat minimal sehingga anak-anak yang rentan alergi dapat dengan nyaman beraktifitas di rumah. ERV RecoupAerator sudah terbukti dapat bekerja sebagai exhaust dan filter udara untuk seluruh udara dalam ruang di rumah. Kelebihan dan cara kerja ERV dapat dilihat di post Cool & Clean sebelumnya.

Kini, ERV sudah hadir dan dapat diperoleh di Indonesia melalui ERV Indonesia. Jangan ragu untuk mengirimkan email atau LIKE Facebook Cool & Clean untuk informasi lebih lanjut tentang kualitas udara dalam ruang dan bagaimana Anda dapat menggunakan ERV di rumah Anda sekarang.

Reference Kompas Health

2 Comments

  1. Bertha Betty-Reply
    October 18, 2012 at 4:08 am

    setuju dengan kata Anda lebih baik mencegah daripada mengobati alergi anak dengan obat-obatan. kasian juga melihat anak harus minum banyak obat karena alergi terus menerus.

  2. October 19, 2012 at 1:57 am

    Hi Bertha,

    Ya mencegah lebih baik daripada mengobati yaa apalagi kalau itu sudah menyangkut anak-anak kita.

Leave A Comment