Menghilangkan Jamur dari Rumah Bebas Alergi

Pentingnya udara bersih dalam ruang rumah berarti  kita juga harus memperhatikan cara menghilangkan jamur dari rumah agar keluarga kita bisa bebas alergi. Membersihkan rumah dari jamur atau yang banyak disebut mold, dapat membantu orang tua untuk atasi alergi anak dengan lebih efektif. Mari kita membaca lebih banyak tentang jamur mold dan bagaimana alat ventilasi filter seperti ERV RecoupAerator dapat membantu membersihkan jamur mold.

Apakah jamur mold itu?

Jamur mold ada organisme mikroskopik yang dapat ditemukan di mana saja, dalam ruang maupun luar ruang. Jamur mold ditemukan di tanaman, makanan, daun kering dan banyak materi organik lainnya. Jamur mold mengeluarkan spora kecil yang sangat ringan dan dapat berpindah tempat lewat udara. Ketika jamur mold ada dalam jumlah yang signifikan, jamur mold dapat menyebabkan alergi dan gangguan pernapasan lainnya pada keluarga Anda.

Anda khawatir dengan polusi jamur mold di rumah?

Kontaminasi jamur mold yang tinggi dapat menyebabkan udara di ruangan jadi tidak sehat. Salah satu cara penyehatan udara dalam ruang adalah dengan buang udara penyebab reaksi alergi, asma, infeksi dan gangguan pernapasan lainnya keluar kamar. Hubungi ERV Indonesia untuk solusi pemilik rumah dan tes lengkap kualitas udara dalam rumah Anda agar dapat mengatasi alergi anak sekarang.

Jika Anda mencium bau tak sedap atau apek di rumah Anda, kemungkinan besar rumah Anda banyak jamur mold. Spesialis kualitas udara dalam ruang dari ERV Indonesia siap membantu Anda mendeteksi jamur mold di rumah.

Bagaimana menghilangkan jamur mold di rumah?

Ikuti 3 langkah mudah dalam membersihkan jamur dari rumah agar keluarga bebas alergi:

– Identifikasi dan perbaiki daerah yang lembab
– Bersihkan, sterilkan dan keringkan daerah yang berjamur
– Buang benda yang terkena jamur , terutama yang berpori seperti kertas, papan, kayu dan lainnya.

Setelah memperbaiki sumber jamur mold dan membuang benda yang lembab, ingat selalu langkah berikut ini selama membersihkan benda yang terkena jamur:

– Gunakan sarung tangan selalu
– Buang benda berpori yang terkena jamur mold
– Buang karpet yang rusak oleh jamur. Kering saja tidak menjamin jamur mold tidak ada.
– Biarkan daerah yang terkena jamur kering selama 2 – 3 hari
– Gunakan kontraktor untuk menghilangkan jamur mold terutama pada bagian yang terkena banjir

Peringatan! Spora dari jamur mold lebih mudah terbang dalam keadaan kering dan dapat memicu reaksi alergi yang berat. Pastikan ventilasi cukup agar udara dapat di buang keluar kamar ketika membersihkan jamur.

Apakah pembersih udara ozone dapat membantu menghilangkan jamur mold atau mengurangi bau tak sedap?

Banyak alat pembersih udara mengeluarkan ozone. Ozone sering digunakan untuk membersihkan air dari kuman serta menghilangkan bau. Namun, sedikit orang yang tahu ozone dapat menyebabkan iritasi paru-paru dan saluran pernapasan lainnya. Paparan terhadap alat pembersih udara ozone dapat menyebabkan batuk, sakit dada, iritasi mata, hidung dan tenggorokan.

Departmen Kesehatan California tidak menganjurkan pemilik rumah menggunakan pembersih udara ozone karena ozone tidak berpengaruh dalam membersihkan udara maupun mencegah jamur mold dan lainnya. Salah satu pembersih udara yang direkomendasikan adalah ventilasi ERV dengan filter MERV12 yang menjaga suhu dan kelembaban udara dalam rumah serta membuang udara kotor keluar dari rumah. ERV kini dapat menjadi bagian dari sistim ventilasi untuk pemilik rumah dan bangunan proyek arsitek atau kontraktor. Hubungi ERV Indonesia untuk informasi lebih lanjut mengenai ERV dan bagaimana mendapatkannya di Indonesia.

Reference Green Home

2 Comments

  1. Andri-Reply
    October 18, 2012 at 4:07 am

    Bagaimana perbandingan kerja mesin pembersih udara ozone dengan ERV recoupaerator?

    thanks cool&clean sebelumnya

  2. October 24, 2012 at 1:47 am

    Hi Andri,

    Menurut riset yang dilakukan US EPA, kinerja mesin pembersih udara ozone tidak akan membunuh kuman serta membersihkan udara dalam ruang kita secara maksimal jika tidak dioperasikan pada tingkat yang bisa membahayakan kesehatan. Ozone disebutkan US EPA 'good far away, bad nearby' – 'baik jika jauh (di lapisan atmosfir bumi), namun buruk jika dekat (dalam ruang Anda beraktifitas).

    Sedangkan ERV seperti contohnya ERV RecoupAerator bekerja meningkatkan sirkulasi udara keluar dan masuk sembari menyaring dan membersihkannya dari polutan dengan filter sehingga udara dalam ruang bersih secara natural.

    Bacaan lengkapnya mengenai mesin pembersih udara ozone dari US EPA bisa mengikuti link ini http://www.epa.gov/iaq/pubs/ozonegen.html#table%201

    Thanks 🙂

Leave A Comment