Hati-hati Gangguan Kesehatan dari Radon dan Asbestos

image credit FREA


Asbes dan Radon sudah dikenal sebagai penyebab polusi udara dalam ruang yang terbesar dan gangguan kesehatan yang disebabkan radon dan asbes ini berdampak jangka panjang. Hari ini kita akan membahas lebih lagi tentang radon dan asbes sehingga kita dapat lebih berhati-hati dan mulai mengambil tindakan pencegahan. Pencegahan utama yang paling efektif adalah dengan mengurangi paparan terhadap kedua zat ini sebanyak mungkin dan memastikan udara dalam ruang sekitar kita selalu bersih.


Asbes

Biasa banyak digunakan untuk fireproofing (anti kebakaran) dan banyak ditemukan di sistim pemanas dan insulasi akustik di lantai dan langit-langit dan rumah-rumah yang sudah lebih tua. Selain itu asbes juga banyak digunakan dalam barang sehari-hari seperti sarung tangan tahan panas, papan setrika dan pembungkusnya serta jenis alat penggering rambut tertentu.



Ketika benda yang mengandung asbestos rusak atau sudah tua, benda tersebut akan mengeluarkan microscopic fibers yang dapat menyebar melalui udara. Setelah jangka waktu tertentu, serat-serat yang terhisap dapat diam dalam paru-paru manusia dan mengakibatkan asbestosis, kanker paru-paru dan mesothelioma. Paparan asbestos digabung dengan kegiatan merokok dapat meningkatkan resiko kanker paru-paru 5 kali lipat. 

Paparan terhadap asbestos itu berbahaya dan yang lebih mengkhawatirkan tidak adanya ketentuan untuk memberi label peringatan pada produk atau material lain yang mengandung asbestos.Hubungi ERV Indonesia untuk mengetahui cara menghilangkan asbes dari rumah Anda dan menjaga kualitas udara dalam ruang selalu sehat.
Radon

Radon adalah penyebab kanker paru-paru terbanyak kedua, setelah merokok. Radon tidak berbau, tidak berwarna dan tidak ada rasa. US EPA, National Cancer Institute, Centers for Disease Control and Prevention dan studi epidemik menyimpulkan bahwa ribuan kematian akibat kanker paru-paru disebabkan oleh paparan radon. Dan, resiko terkena risiko kanker paru-paru pada perokok aktif akibat paparan radon, lebih tinggi 10 sampai 20 kali dari mereka yang tidak merokok.

Radon banyak ditemukan di rumah-rumah dan US EPA mengestimasi sekitar 6 juta rumah di Amerika saja terpolusi radon tingkat tinggi. Hubungi ERV Indonesia untuk membantu Anda tes kualitas udara dalam rumah dan pastikan rumah Anda bebas dari gas radon untuk kesehatan Anda dan keluarga.

Reference US. Consumer Product Safety Commission

Leave A Comment