Polusi dan Pencemaran Udara dalam Ruang Pembunuh no. 1 – Part 2



Menurut Environmentral Protection Agency atau EPA, pembersihan saluran udara belum terbukti dalam mencegah permasalahan kesehatan. EPA ragu akan pembersihan saluran udara karena hal itu tidak bisa membersihkan lapisan jamur dan materal berbahaya lainnya secara efektif. Disamping itu, pembersihan lapisan jamur dapat menyebabkan penyebaran jamur di dalam saluran udara beredar bebas, sehingga mencemari rumah Anda. Bahkan, tidak ada bukti bahwa material berbahaya bertambah banyak karena kotornya saluran udara atau sisa-sisa materi yang ditinggalkan setelah membersihkan saluran udara.

Pada dasarnya, hampir seluruh kotoran yang menumpuk di dalam saluran udara akan menempel dengan sendirinya pada permukaan saluran udara dan tidak mencemari ruangan lain. Saluran udara yang kotor hanyalah satu dari sekian banyak sumber dari partikel. Akitivitas seperti memasak, merokok atau hanya bergerak justru menimbulkan resiko terkontaminasi yang lebih besar daripada saluran udara yang kotor. Bahkan, tidak ada bukti bahwa banyak nya jumlah debu pada perabot rumah tangga atau material pada saluran udara bisa menimbulkan resiko permasalahan kesehatan.



EPA tidak mendukung, mengakui atau menerima perusahaan jasa pembersih saluran udara. EPA hanya merekomendasikan bahwa Anda memeriksa kondisi bahan bakar pada perapian dan menservis sebelum perapian dipakai agar mencegah timbulnya kontaminasi karbon monoksida. Ketika pemeriksaan ini berlangsung, batu bara (arang) dan komponen lainnya sebaiknya juga dibersihkan untuk membantu mengurangi kontaminasi pada baling-baling.
 


Jika Anda berpikir bahwa saluran udara dan bagian lain pada sistem pendingin udara di rumah Anda terkontaminasi, segera konsultasi pada ahlinya. Cara terbaik untuk menjaga saluran udara dan pendingin ruangan supaya tetap bersih dan bebas dari zat berbahaya adalah menjaga kelembapannya. Sekali saja penyaring udara pada saluran udara terkontaminasi oleh jamur, EPA merekomendasikan penyaring udara untuk segera diganti. Anda juga harus memperbaiki kebocoran dan kerusakan dan memastikan bahwa saluran udara tersegel dengan baik.


Lapisan dan pelindung pada saluran udara berfungsi untuk mencegah masuknya debu dan partikel kotoran di udara, tapi muncul pertanyaan mengenai keamanan dan seberapa efektif penggunaan segel (lapisan). Seperti halnya biocide, segel pengaman diaplikasikan dengan cara menyemprotkannya pada saluran udara. Tes laboraturiom menunjukkan bahwa materi pada segel tersebut tidak sepenuhnya melapisi saluran udara. Segel juga bisa mempengaruhi karakteristik dari penyaring udara dan menimbulkan zat beracun jika tersulut api.

Jangan lupa baca juga Polusi dan Pencemaran Udara dalam Ruang Pembunuh no. 1 part 1. Hubungi Cool & Clean untuk informasi kualitas udara dalam ruang, polusi udara dan penyehatan udara.



Reference http://air-conditioners-and-heaters.com/duct_cleaning_information.html

Leave A Comment