Bagaimana Bisa Polusi Udara Membahayakan Kesehatan Saya?



Polusi udara adalah permasalahan yang sangat sulit untuk diatasi di suatu negara. Salah satunya di Indonesia. Tingkat pencemaran udara di Indonesia semakin memprihatinkan. Bahkan salah satu studi melaporkan bahwa Indonesia menjadi negara dengan tingkat polusi udara tertinggi ketiga di dunia. World Bank juga menempatkan Jakarta menjadi salah satu kota dengan kadar polutan/partikulat tertinggi setelah Beijing, New Delhi dan Mexico City. Sangat menyedihkan dan memprihatikan memang. Dari semua penyebab polusi udara yang ada, emisi gas dari transportasi terbukti sebagai penyumbang pencemaran udara tertinggi di Indonesia, yakni sekitar 85%. Hal ini diakibatkan oleh laju pertumbuhan kepemilikan kendaraan bermotor yang tinggi. Sebagian besar kendaraan bermotor itu menghasilkan emisi gas buang yang buruk, baik akibat perawatan yang kurang memadai ataupun dari penggunaan bahan bakar dengan kualitas yang kurang baik. Bagaimana bisa polusi udara membahayakan kesehatan anda? Banyak orang tidak tahu bahkan tidak peduli dengan dampak dari polusi udara bagi kesehatan mereka. Berikut ini akan dijelaskan beberapa akibat dari polusi udara yang terhirup manusia. 


Polusi udara dapat mempengaruhi kesehatan kita dalam banyak hal dan memiliki dua efek, yaitu efek jangka pendek dan jangka panjang. Berbagai individuserta kelompok  tercemar oleh polusi udara dengan cara yang berbeda. Beberapa individu jauh lebih sensitif terhadap polutan daripada individu yang lain. Anak-anak dan lansia sering lebih menderita terhadap dampak polusi udara. Orang dengan masalah kesehatan seperti penyakit asma, jantung dan paru-paru juga mengalami hal yang serupa. Sejauh mana seorang individu merasaka dirugikan oleh polusi udara biasanya tergantung pada total bahan kimia yang merusak, yaitu, durasi pencemaran dan konsentrasi bahan kimia harus diperhitungkan.
Contoh efek jangka pendek termasuk iritasi pada mata, hidung dan tenggorokan, dan infeksi saluran pernapasan atas seperti bronkitis dan pneumonia. Gejala lain
adalah sakit kepala, mual, dan reaksi alergi. Jangka pendek polusi udara dapat memperburuk kondisi medis individu dengan asma dan emphysema. Dalam “Bencana Smog” besar di London pada tahun 1952, empat ribu orang tewas dalam beberapa hari karena tingginya pencemaran dan polusi. Efek jangka panjang bagi kesehatan, termasuk penyakit pernafasan kronis, kanker paru-paru, penyakit jantung, dan bahkan kerusakan otak, saraf, hati, atau ginjal. Kanker lambung, ditemukan dua kali lebih banyak pada daerah dengan polusi tinggi. Paparan yang terus-menerus oleh polusi udara mempengaruhi paru-paru anak-anak dan dapat memperburuk atau memperparah kondisi medis. Diperkirakan bahwa setengah juta orang meninggal sia-sia setiap tahun di Amerika Serikat sebagai akibat dari merokok. Penelitian terhadap efek kesehatan dari polusi udara sedang berlangsung. Biaya yang dikeluarkan atas dampak yang disebabkan oleh polusi udara bisa sangat mahal. Biaya pengobatan, kehilangan produktivitas di tempat kerja, dan kesejahteraan menghabiskan biaya miliaran dolar setiap tahunnya. Bank Dunia melaporkan bahwa adanya kandungan timbal dari asap knalpot dapat menyebabkan menurunnya tingkat kecerdasan (IQ), bisa jadi selama ini penurunan kualitas IQ orang-orang Indonesia dikarenakan tingkat polusi udara yang tinggi.

Untuk meminimalisir semua dampak polusi udara bagi kesehatan kita, mulailah menggunakan kendaraan umum ketika ingin bepergian,dan juga mulai dari sekarang pakailah masker ketika kita sedang berjalan kaki di tempat yang ramai kendaraan, juga ketika anda sedang naik kendaraan bermotor maupun kendaraan umum yang terbuka. Kalau bukan kita yang mau peduli dengan keadaan lingkungan, siapa lagi?



Hubungi Cool&Clean untuk informasi lebih lanjut mengenai solusi dari polusi udara dan bagaimana menjaga kualitas udara dalam ruangan. LIKE Facebook Cool & Clean atau FOLLOW Twitter @TawadaCleanTech untuk info green menarik lainnya.

One Comment

  1. December 7, 2018 at 5:59 am

    Right away I am going to do my breakfast, later than having
    my breakfast coming yet again to read other news.

Leave A Comment