11 Fakta Polusi Kualitas Udara dalam Ruang

Kita sering mendengar polusi udara, kualitas udara dalam ruang dan risiko pencemaran udara. Sekarang, mari kita simak bersama 11 fakta mengejutkan mengenai polusi kualitas udara dalam ruang: 
1. Kualitas udara dalam ruangan merupakan satu dari lima risiko lingkungan bagi kesehatan masyarakat.
2. Meskipun demikian, hampir 25% orang Amerika tidak menunjukkan kekhawatiran  mereka terhadap kualitas udara di rumah mereka.
3. Pada umumnya, polusi udara dalam ruangan meliputi tungaudebu, serbuk sari, jamur, radon, karbon monoksida, karbon dioksida yang berlebihan, dan uap kimia lainnya.
4. Polusi udara di dalam ruangan biasanya adalah dua sampai lima kali lebih buruk daripada udara luar. Kadang-kadang bisa 100 kali lebih buruk.
5. Asap rokok dari tembakau adalah polutan udara dalam ruangan utama. Berisi sekitar 4.000 bahan kimia, termasuk 200 racun yang berbahaya.
6. Asap rokok menyebabkan lebih dari 150.000 masalah pernapasan pada bayi dan 38.000 kematian setiap tahunnya.
 
7. 10% orang Amerika tidak pernah berubah filter pada pemanasan dan unit pendingin udara.
 
8. 75% orang Amerika hidup dengan seseorang yang menderita asma, alergi, atau penyakit pernapasan lainnya.
9. Kualitas udara yang buruk dalam ruangan dapat menyebabkan atau memberikan kontribusi terhadap asma, sakit kepala, matakering, hidung tersumbat, mual dan kelelahan.
 
10. Satu dari 15 rumah di Amerika memiliki tingkat radon tinggi yang berbahaya. Radon secara alamidipancarkan dari bumi danmemasuki rumah melalui retakan di lantai dasar dandinding, saluran air, dan bukaan lainnya. Paparanradon dalam ruangan diperkirakan menjadi penyebab utama kedua kanker paru-paru.
11. Hanya 27% orang Amerika memiliki detektor karbonmonoksida di rumah. Karbon monoksida adalah gas yang dapat menghentikan koordinasi, memperburuk kondisi jantung, dan pada tingkat yang sangat tinggi, bisa menyebabkan kematian.
Diterjemahkan dari American Lung Association

 

Leave A Comment