Rumah Beracun Penyebab Penyakit – Toxic Homes

Rumah Anda 100% bersih dan sehat? Tanya lagi sebelum menjawab iya. Berhati-hatilah rumah beracun atau sick home syndromme bisa menjadi penyebab penyakit Anda dan keluarga. Sebuah kisah dari Amerika bisa memberikan Anda penjelasan lebih mengenai kualitas udara dalam ruang dan pentingnya penyehatan kualitas udara di rumah.

Penyakit seorang wanita mengingatkan kitatentang zat beracun di rumah yang memiliki potensi untuk membuat kita semua sakit. Setelah Brenda Peck masuk ke rumah dua kamar tidur kecil di Goderich, Ont., Ia tahu ia telah menemukan rumahnya. Bukan karena itu merupakan rumah impiannya dengan design vintage tahun 1950-an dan bata merah disekelilingnya. Dia tahu karena dia merasa tidak ada yang salah dengan kondisinya saat itu – tidak ada gemetar, sesak napas atau kelemahan. Tidak ada hal yang salah.

Peck, 56, telah menderita sensitivitas akan lingkungan sejak tahun 1992, sehingga berada enam bulan rumahnya itu kadang-kadang menjadi berbahaya. “Saya pernah tinggal di banyak rumah, dan beberapa dari mereka bereaksi sangat buruk untuk kesehatan saya,” katanya. “Saya tidak tahu apakah ada bahan yang membuat saya alergi atau dibuat dari apa pembersih yang digunakan” Seperti sebagian besar orang dengan sensitivitas kimia (MCS), Peck sangat sensitif terhadap aroma, tapi semua orang memiliki gejala yang berbeda. “Saya menjadi gemetar dan tidak bisa berjalan,” katanya. 

Penyakitnya terkait dengan kondisi lingkungan, baik di dalam maupun luar ruangan. Tidakkah itu mengherankan? Sejak Perang Dunia II, ribuan bahan kimia telah membanjiri dunia kita untuk digunakan di bidang pertanian, konstruksi, dekorasi interior, persiapan makanan dan pelestarian, fashion – hampir setiap fase kehidupan modern. Efek kesehatan dari udara dalam ruangan yang buruk menjadi semakin parah setelah biaya energi melonjak pada 1970-an, dan bangunan lebih baik terisolasi rapat untuk menghemat energi. Sebagai kontaminan yang terperangkap di dalam ruangan, orang-orang mulai merasa sakit. Gejala termasuk sakit kepala, kelelahan, kongesti sinus, dan kesulitan berkonsentrasi. Saat ini, rumah baru dan bangunan biasanya memiliki ventilator pemulihan panas atau (HVAC), ventilasi dan sistem pendingin udara untuk memberikan udara segar. Rumah baru, bagaimanapun, juga memiliki banyak bahan kimia yang mempengaruhi kualitas udara – bahan kimia beban yang dapat memicu seseorang terkena MCS 



Statistik Kanada melaporkan pada tahun 2003 sekitar 1,2 juta orang telah didiagnosis dengan MCS, sindrom kelelahan kronis atau fibromyalgia – penyakit yang berhubungan dengan gejala tumpang tindih. Peck adalah salah satu dari 643.000 Kanada (2,4 persen dari populasi) diketahui memiliki MCS. Para peneliti di Georgia memperkirakan dalam Environmental Health Perspectives tahun yang sama, bahwa 12,6 persen orang Amerika menderita gangguanyang sama. Mereka juga mencatat hubungan antara MCS dan beberapa jenis asma, termasuk saluran udara reaktif disfungsi sindrom (rad). Gejala Peck dimulai pada tahun 1992, setelah ia pindah dari apartemen yang lama ke rumah baru. Asma dan alergi terhadap makansemakin memperburuk kondisinya dan dia mengalami kesulitan berkonsentrasi. Akhirnya, pada usia 50, ia harus meninggalkan karirnya sebagai fisioterapis. 

MCS merupakan masalah yang disebabkan atau diperparah oleh polusi udara dalam ruangan. Kami menghabiskan sampai 90 persen dari hari-hari kami di dalam ruangan. Anak-anak kecil, orang tua dan orang dengan penyakit kronis mendapatkan udara dari luar ruangan paling sedikit, dan sebagainya adalah yang paling rentan terhadap kontaminasi udara dalam ruangan. Kesehatan Kanada mencatat udara dalam ruangan yang buruk menyebabkan atau memperburuk asma, alergi, penyakit pernafasan, kanker paru-paru, penyakit paru obstruktif kronik dan kondisi serius lainnya.


Apa saja yang terdapat di dalam udara?

Polusi udara dalam ruangan meliputi biologi seperti jamur, tungau debu, serbuk sari, bulu binatang, dan serat. Mould dan tungau berkembang bila kelembaban relatif lebih dari 50 persen dan keduanya memperburuk asma dan alergi. Hal ini juga dapat menyebabkan iritasi mata, sakit kepala, kelelahan, hidung meler, batuk dan penyakit paru-paru permanen. Mould juga dapat menyebabkan infeksi paru-paru pada orang dengan kekebalan tubuh yang lemah atau penyakit paru-paru kronis.
Senyawa organik volatil (VOC) adalah zat kimia yang
merubah diri sebagai gas (suatu proses yang dikenal sebagai dgn gas beracun) dari cat, plastik, pembersih, produk pestisida dan bahan bangunan. Off-gassing tertinggi terdapat di rumah-rumah baru dan proyek renovasi, sehingga keberadaan ventilasi sangat penting. Formaldehyde merupakan gas yang dihasilkan oleh furnitur dan isolasi serta partikel dan kayu lapis dapat mengiritasi mata dan saluran pernapasan.


Radon, gas radioaktif alami yang meningkatkan risiko kanker paru-paru, dapat meresap ke dalam ruang bawah tanah melalui celah-celah dan lubang. Karena tingkat bervariasi dari rumah ke rumah, pengujian adalah satu-satunya cara untuk menentukan ancaman pada rumah tangga .

Gas Karbon monoksida, produk pembakaran tidak lengkap, dapat membunuh jika dalam jumlah konsentrasi tinggi. Hal ini dapat masuk ke rumah dari sebuah mobil yang dipanaskan di garasi tertutup atau ketika perapian menyala atau malfungsi pada kompor gas. Ini juga dihasilkan dari asap rokok tembakau.
Sebuah kubik udara dapat menangguhkan lebih dari 400 juta partikel asap, debu dan serbuk sari. Partikel debu dapat membawa pestisida, produk pembakaran (termasuk asap lilin) ​​dan logam berat –
yang beberapa di antaranya menimbulkan risiko kanker. Dapat dilihat debu – dan partikel yangmengambang didalam sinar matahari – adalah benang, serat rusak dari karpet atau pakaian atau potongan kecil dari rambut hewan peliharaan atau manusia. Yang paling berbahaya jika mengandung serat asbes, merupakan ancaman serius bagi paru-paru. (Menghilangkan asbes harus menggunakan tenaga profesional).

Tunggu lanjutannya di ‘Rumah Beracun Penyebab Penyakit – Toxic Homes’ part 2 dan 3 di Clean Air Indonesia πŸ™‚ Stay healthy, stay safe and go green!

Leave A Comment