Bahaya Humidifier Kotor Bagi Kesehatan Anda dan Keluarga


The US Consumer Product Safety Commission (CPSC) memperingatkan konsumen akan bahaya kesehatan yang diakibatkan oleh humidifier di dalam kamar yang kotor. CPSC telah menemukan bahwa bakteri dan jamur sering tumbuh di tangki humidifier portabel dan konsol dan dapat dilepaskan di kabut. Menghirup kabut kotor dapat menyebabkan masalah paru-paru mulai dari gejala flu untuk serius infeksi. Informasi ini menjadi perhatian khusus untuk penderita alergi atau asma yang gejalanya dimana gejala mereka akan meningkat.


Lapisan atau sampah muncul di permukaan air, di sisi atau bawah tangki, atau terkena bagian  motor , menunjukkan bahwa tangki humidifier mengandung bakteri atau jamur. Deposit yang berkerak atau skala juga bisa terbentuk di dalam tangki atau pada bagian-bagian di dalam air. Skala ini terdiri dari mineral yang telah diselesaikan di luar dari menciptakan permukaan di mana bakteri atau jamur dapat tumbuh. Mineral juga bisa dilepaskan dalam kabut dan menetap sebagai debu yang bersifat halus. Debu ini mungkin mengandung partikel yang cukup kecil untuk masuk ke paru-paru. Efek kesehatan dari menghirupdebuini ditimbulkan olehhumidifier tidak jelas, dampak pada kesehatan manusia akan tergantung pada jenis dan jumlah mineral yang ditemukan dalam air yang digunakan.

Untuk mengurangi kemungkinan bahaya kesehatan dari humidifier di dalam kamar yang kotor, staf Komisi Keamanan Produk Konsumen merekomendasikan bahwa Anda mengambil tindakan pencegahan berikut:

1. Jangan biarkan film dan skala berkembangbiak di dalam humidifier Anda. Jika memungkinkan,ganti air dalam humidifier kamar Anda setiap hari. Kosongkan tangki sebelum Anda mengisinya. Jika tangki tidak dapat dilepas, bersihkannya sesering mungkin sesuai dengan instruksi pabrik.

2. Gunakan air suling atau bebas mineral dalam humidifier kamar Anda untuk mengurangi penumpukan skala dan pelepasan debu. Jangan gunakan air keran karena mengandung lebih banyak mineral. Gunakan kartrid demineralisasi atau filter jika disediakan atau direkomendasikan untuk digunakan dengan humidifier.

3. Keringkan dan bersihkan tangki humidifier ruangan Anda sebelum Anda menyimpannya. Bersihkan di tempat panas. Bersihkan debu di bagian luar unit Anda.

4. Bersihkan humidifier kamar Anda dengan baik dan sering selama musim panas. Pastikan untuk mencabut humidifier sebelum membersihkan. Ikuti metode pembersihan yang disarankan pabrik. Jika pemutih klorin atau produk pembersih lainnya atau desinfektan yang digunakan, pastikan untuk membilas tangki baik untuk menghindari terhirupnya bahan kimia berbahaya. Gunakan sikat atau scrubber lainnya untuk membersihkan tangki. Hati-hati untuk tidak merusak motor atau menggores permukaan dalam. Bersihkan atau ganti spons filter atau belt bila diperlukan.

5. Menjaga kelembaban relatif di rumah Anda antara 30% dan 50% jika memungkinkan. Tingkat kelembaban di atas 60% memungkinkan kelembaban untuk menimbulkan lapisan dan mengembun pada permukaan, dimana bakteri dan jamur dapat menempel dan tumbuh. Anda dapat mengukur kelembaban dengan alat yang disebut hygrometer, tersedia di toko di sekitar daerah Anda.

Leave A Comment