Pembersih Udara Kotor Di Rumah – Referensi US EPA (Part 3)


(Tersambung) Pembersih Udara Kotor Di Rumah – Referensi US EPA

Pada post Pembersih Udara Kotor di Rumah – Referensi US EPA (part 2) yang lalu, kita sudah membicarakan mengenai sebagian cara bagaimana mengukur kinerja pembersih udara. Sekarang dilanjutkan lagi di bawah ini.

Menghilangkan Polutan Gas In-Duct


Meskipun tidak ada standar pengukuran untuk efektivitas filter udara fase gas, ASHRAE adalah mengembangkan metode standar yang akan digunakan dalam memilih filter gasyangterpasang dalam sistem HVAC dirumah. Filter gas jauh kurang umum digunakan di rumah-rumah dari filterpartikeludara. Umur kegunaan filter fase gas bisa pendek karena bahan filter dapat dengan cepat menjadi kelebihan beban dan mungkin perlu sering diganti. Ada juga kekhawatiran bahwa, ketika penuh, filter ini dapat melepaskan polutan kembali ke udara. Akhirnya, sistem penyaringan gas- yang dirancang dan dibangun tidak mungkin untuk masuk dalam sistem HVAC di rumah khas atau pembersih udara portabel.


Menghilangkan Polutan In-duct

Pembersih Udara UVGI mungkin tidak bisa mengurangi gejala alergi atau asma


Tidak ada standar pengukuran untuk efektivitas pembersih UVGI. Pembersih UVGI yang digunakan di rumah telah membatasi efektivitas dalam membunuh bakteri dan jamur. Penghancuran efektif beberapa virus dan sebagian besar jamur dan spora bakteri biasanya membutuhkan paparan sinar UV jauh lebih tinggi daripada yang disediakan di unit rumah. Selanjutnya, spora jamur mati masih dapat menghasilkan reaksi alergi, sehingga pembersih UVGI mungkin tidak efektif dalam mengurangi gejala alergi dan asma.



Tidak ada standar pengukuran untuk efektivitas pembersih PCO. Penggunaan pembersih PCO di rumah terbatas karena katalis yang tersedia saat ini tidak efektif dalam menghancurkan polutan gas dari udara dalam ruangan. Beberapa pembersih PCO gagal untuk menghancurkan polutan sepenuhnya dan bukannya menghasilkan polutan dalam ruangan baru yang dapat menyebabkan iritasi mata, tenggorokan, dan hidung.


Pembersih Udara Portabel

Pembersih udara portabel umumnya mengandung kipas untuk mengalirkan udara dan menggunakan satu atau lebih perangkat pembersih udara dibahas di atas. Pembersih udara portabel dapat dipindahkan dari kamar ke kamar dan digunakan ketika membersihkan udara terus menerus dan lokal diperlukan. Mereka mungkin menjadi pilihan jika rumah Anda tidak dilengkapi dengan sistem pusat HVAC atau sistem pemanas udara.


Pembersih udara portabel dapat dievaluasi dengan efektivitas mereka dalam mengurangi polusi udara. Efektifitas ini diukur dengan tingkat udara bersih pengiriman, atau CADR, dikembangkan oleh Association of Home ApplianceManufacturers, atau AHAM. CADR adalah pembersih udara portabel yang membersihkan udara bebas kontaminan, dinyatakan dalam kaki kubik per menit. Sebagai contoh, jika pembersih udara memiliki CADR 250 untuk partikel debu, mungkin menurunkan kadar partikel debu dengan konsentrasi yang sama seperti yang akan dicapai dengan menambahkan 250 kaki kubik udara bersih setiap menit. Sementara pembersih udara portabel mungkin tidak mencapai rated CADR, nilai CADR tidak memungkinkan perbandingan di pembersih udara portabel yang berbeda.


Banyak pembersih udara portabel yang diuji oleh AHAM memiliki moderat untuk peringkat CADR besar untuk partikel kecil. Namun, untuk ukuran kamar, pembersih udara paling portabel saat ini di pasar tidak memiliki nilai CADR yang cukup tinggi untuk secara efektif menghilangkan partikel besar seperti serbuk sari, debu tungau, kecoa dan alergen. Beberapa pembersih udara portabel menggunakan pembersih udara elektronik mungkin menghasilkan ozon, yang bisa mengiritasi paru-paru. AHAM memiliki program sertifikasi udara bersih, dan menyediakan daftar lengkap dari semua pembersih bersertifikat dengan nilai-nilai CADR mereka di situs internet di www.cadr.org

Tetap membaca Clean Air Indonesia untuk kelanjutan dari artikel Pembersih Udara Kotor Di Rumah – Referensi US EPA minggu depan. Follow Twitter @TawadaCleanTech untuk artikel green lifestyle, green building / bangunan hijau dan kualitas udara dalam ruang yang menarik lainnya.  

Leave A Comment