Keuntungan-keuntungan dari kipas HVLS

Seperti yang terlihat dari nama mereka, kipas high volume/volume besar, low speed/ kecepatan rendah (HVLS)cenderung memiliki diameter besar dan bergerak lebih lambat dari rekan tradisional mereka. Kipas-kipas ini biasanya digunakan pada ruang-ruang besar seperti gedung pabrik dan pusat perbelanjaan. Mereka tidak hanya menguntungkan bagi penghuni, tapi juga menghasilkan penghematan energi bagi manajemen.
Disini kami akan menjelaskan bagaimana kipas HVLS digunakan, dan keuntungan-keuntungan apa yang bisa diberikan bagi bangunan.  

Pada situasi apa biasanya kipas HVLS digunakan?
Kipas High Volume, Low Speed biasanya dipasang pada bangunan-bangunan besar dengan langit-langit tinggi dan ruang terbuka. Awalnya dirancang untuk digunakan di kandang perusahaan susu untuk kenyamanan sapi, teknologi ini telah berevolusi menjadi bentuknya sekarang ini. Penerapan pada bangunan pabrik, gudang, pusat distribusi, hangar pesawat, bandara, pusat perbelanjaan, atrium, arena hoki,kolam renang indoor, gymnasium, big-box store (department store, hypermarket), dan dealer mobil merupakan hal yang biasa.
Dalam bentuk fisik, bagaimana kipas HVLS berbeda dari kipas biasa?
Di samping perbedaan ukurannya yang sudah jelas, kipas HVLS dapat menawarkan efisiensi unik yang tidak pernah dilihat sebelumnya pada pergerakkan udara. Semua perusahaan kipas yang terkenal menyediakan rating perpindahan volume untuk menggambarkan kapabilitas produk mereka. Misalnya, kipas langit-langit tradisional dengan tiga baling-baling ukuran 56 inci dapat bergerak ke atas sebesar 15, 000 kaki kubik per menit (CFM). Sebagai perbandingan, beberapa model HVLS dapat bergerak 397,701 CFM.
Juga, menggantikan kontrol dua kecepatan tradisional dengan variable frequency drives (VFDs) membuat kipas HVLS memiliki kontrol yang lebih baik, selagi menciptakan penghematan energi untuk operator.
Dengan pertimbangan iklim tropis seperti di Indonesia ini, kipas HVLS dapat memberikan efesiensi energi. Karena Indonesia selalu panas sepanjang tahunnya, kipas HVLS dapat dikerahkan pada kecepatan tinggi untuk menciptakan lingkungan yang lebih nyaman bagi penghuni gedung. Jauh lebih efisien daripada kipas langit-langit tradisional atau kipas industrial lainnya.
Apakah lebih baik menggunakan kipas HVLS itu sendiri atau bersama dengan sistem HVAC-R?
Ketika digunakan bersamaan dengan sistem HVAC-R, kipas HVLS meningkatkan efisiensi dari sistem tersebut. Konsumsi pemanasan dan pendinginan menurun, tingkat ventilasi dimaksimalkan dan air envelope dicampurkan secara merata.   

Meski demikian, dalam situasi dimana sistem HVAC tidak ada, contohnya di kandang perusahaan susu, kipas HVLS memberikan kesempatan unik untuk meningkatkan tingkat kenyamanan bagi penghuni secara signifikan.

Leave A Comment