#COTD: Fabric Duct untuk Laboratorium Retrofit

Laboratorium kerap dihadapkan dengan suhu dan kelembaban relative yang berubah-ubah pada berbagai area dalam laboratorium. Dan produk ataupun mesin dalam laboratorium sangatlah sensitive dengan perubahan udara dan pergerakan udara disekitarnya. Hasil tes dapat dipengaruhi oleh situasi udara atau kelembaban yang tidak mendukung dalam laboratorium.
Fabric duct / textile duct dari DuctSox bisa menjadi solusi untuk sirkulasi udara yang lebih baik di laboratorium. Salah satunya dengan menggunakan fabric duct / textile duct dengan Metal Pan D-Fusers dari DuctSox dan design surround flow. Dengan fabric duct yang didesain khusus DuctSox untuk lingkungan laboratorium, udara dapat didispersikan secara merata dan dengan kecepatan rendah – aliran udara supply dari AC menjadi bebas guncangan atau draft free. Pada daerah di laboratorium yang membutuhkan aliran udara secara lebih terarah, fabric duct dari DuctSox dapat didesain khusus dan lubang angin dapat dirubah memberikan arah aliran satu arah, dua arah, tiga arah dan seterusnya dengan Select Flow.
Selain itu, fabric duct juga sangat mudah dipasang. Hanya dengan memasang metal pan d-fusers ke langit-langit laboratorium dan fabric duct sudah dapat dipasang. Dengan sistim clip on, fabric duct dapat dipasang dan dicopot untuk kemudahan dalam membersihkannya. Dan dengan fabric duct, client tidak perlu menggunakan AHU dengan kapasitas yang lebih besar dari seharusnya dan menghemat biaya listrik.

Di Texas, Superior Laboratory Services adalah sebuah perusahaan indoor air quality dan bergerak di bidang spesialisasi jasa sertifikasi serta pembangunan desain HVAC. Mereka menganjurkan penggunaan fabric duct untuk client mereka – salah satunya adalah pengolah bahan kimia internasional yang berbasis di Corpus Christi, Texas. Penggunaan fabric duct memungkinkan untuk kenaikan 1000 CFM udara didispersikan secara perlahan dan beroperasi pada kecepatan 80 fpm. Sebelumnya, dengan metal, udara bergerak 120 fpm – 130 fpm dan client masih harus menambah AHU sebesar 100 ton. Fabric duct telah menghemat pengeluaran client untuk mesin AHU baru dan memberikan solusi disperse udara yang lebih baik.
Pemasangan fabric duct/textile duct dari DuctSox untuklaboratorium juga akan membantu anda memenuhi sertifikasi dan mendapat pengakuan dari:
          – ASHRAE Standard 110
          – American Industrial Hygiene Association
          – American National Standards Institute Z-9.5
          – National Fire Protection Association Standard 45

– Scientific Equipment Furniture Association


Leave A Comment